Rabu, 10 Juni 2015

Jurusan Ilmu Hukum

Tentang Jurusan Ilmu Hukum

    Ilmu hukum adalah mata pelajaran yang berpusat pada praktek hukum. Ilmu Hukum mencakup bidang yang luas meliputi hak asasi manusia, hukum kepemilikan hingga hukum perdagangan. Hukum mengatur ketertiban hidup bermasyarakat dengan memberikan peraturan jelas mengenai apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan.



      Biasanya para mahasiswa yang menekuni Jurusan Ilmu Hukum mempunyai tujuan untuk mengejar karir sebagai advokat, pengacara, peneliti hukum ataupun sekretaris hukum. Akan tetapi, keahlian di bidang hukum yang dipelajari semasa kuliah juga memungkinkan para lulusan untuk bekerja di bidang lain seperti bisnis dan keuangan, akuntansi, humanoira ataupun jurnalisme.
      Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara. Lama kuliah berlangsung sekitar 3 tahun. Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat yang bagus. Untuk nilai minimal yang diwajibkan tergantung dari masing-masing universitas. Lama perkuliahan bisa berkisar antara 1 hingga 4 tahun.m Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.
Sumber
     Jurusan Ilmu Hukum terdiri dari Hukum Pidana, Hukum Perdata, dan Hukum Tata Negara. Kitab Hukum Indonesia, merupakan warisan dari zaman penjajahan Belanda, contohnya yaitu KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana).
Sumber

Lambang Hukum
Arti Lambang Hukum
- Timbangan di tangan kiri diartikan sebagai keadilan untuk semua (justice for all) dan kedudukan yang sama didepan hukum (equality before the law);
- Pedang di tangan kanan berarti kekuatan untuk menegakkan keadilan itu;
- Mata Dewi Themis pun dibuat tertutup. hal ini memiliki arti agar dalam menegakkan keadilan itu tanpa lirik-lirik, tanpa tengok kanan-kiri, menegakkan keadilan secara jernih dan adil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar